Wednesday 11 February 2015

Akar Pasak Bumi Kalimantan

Akar Pasak Bumi Berkhasiat

Kalimantan Bukan hanya terkenal dengan kerajinan Lampit Rotan saja tetapi Akar Pasak Bumi Banyak sekali terdapat di Kalimantan, sejak zaman baheula atau zaman dahulu kala. Pasak Bumi tumbuh sejak lama di bumi Kalimantan dan Pasak Bumi dikenal dengan nama latin Eurycoma Longifolia.
Pasak Bumi memiliki kandungan ekstrak juga biasa disebut  ethanolic yang  bisa menambah stamina dan hormon testosteron untuk lelaki dewasa. Tumbuhan Pasak Bumi memiliki kandungan strichnin dan bursin manjur untuk meningkatkan vitalitas Lelaki disebabkan memiliki karakter afrodisiak.

Dalam sebuah penelitian, tanaman afrodisiak memiliki senyawa turunan alkaloid, saponin, tanin, serta yang lain dapat memperlancar peredaran darah. Sehingga ada implikasi  untuk meningkatkan sirkulasi darah pada daerah organ sexual kaum Adam. Tidak sedikit  khasiat lainnya yg terkandung di dalam akar Pasak Bumi contohnya dapat meringankan penyakit malaria.


Manfaat Pasak Bumi


Akar Pasak Bumi memiliki kandungan senyawa yang biasa dikenal dgn erikuimanon hal ini katanya sanggup memulihkan dari sakit malaria.  Oleh karena itu kandungan senyawa atau dikenal dengan kuasinoid juga berperan dalam memusnahkan plasmodium falcifarum yaitu bakteri sumber penyakit malaria itu sendiri.

Selain itu, Pasak Bumi juga digunakan untuk mencegah terjadinya serangan kangker. Kandungan senyawa alkoloid dan kuasinoid-nya bisa menghambat terjadinya pertumbuhan sel kangker.


Malaysia pernah melakukan penelitian tentang Pasak Bumi mereka menyatakan bahwa terdapat  8 alkaloid yang  ada dalam kandungan Pasak Bumi, antara lain adalah alkaloid yang bermanfaat untuk mengobatan kangker payu dara.


Sementara itu Universitas Tokyo Jepang juga melakukan penelitian Pasak Bumi juga ditemukan kandungan yang bermanfaat  untuk antileukemia dan juga perlahan bisa bermanfaat untuk penderita HIV.


Hutan Indonesia khususnya Kalimantan Kaya akan Tanaman Pasak Bumi merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang tumbuhan di hutan-hutan. Berikut senyawa yang terkandung dalam Pasak Bumi:

  • Senyawa canthin yang berfungsi dalam menghalau tumbuhnya sel kangker.
  • Senyawa turunan euryomanone bermanfaat sebagai penawar sakit malaria.
  • Senyawa etanol berfungsi sbg afrodisiak.
  • Senyawa quasinoid cocok untuk penderita antileukemia dan prospektif untuk penyandang penyakit HIV.

Pasak Bumi dan Khasiatnya Bagi Kita


Pasak Bumi dan semua bagiannya dapat dimanfaatkan dengan baik seperti:

Daun Pasak Bumi

Daun pasak bumi bagian pucuk atau yang baru tumbuh dapat kita manfaatkan untuk sakit perut.

Akar Tumbuhan

Kulit akar pasak bumi dapat menyembuhkan demam, mengurangi bengkak pada gusi atau gangguan cacing serta tonikum pasca melahirkan.

Kulit Batang

Bagian batang pasak bumi banyak dimanfaatkan untuk mengobati nyeri tulang

Bunga dan Buah Pasak Bumi

Pada bunga & buah pasak bumi dapat bermanfaat meringankan sakit  disentri.

Pasak Bumi yang tersebar di hamper banyak penjuru di hutan Kalimantan ini sangat diyakini sebagai ramuan untuk Vitalitas Pria Dewasa walau tidak menutup kemungkinan kaum hawa dapat juga memanfaatkan Pasak Bumi sebagai obat atau jamu dengan khasiat yang lain.

No comments:

Post a Comment